8 Content Management System Paling Populer

Content Management System atau CMS adalah software atau script yang digunakan untuk membuat dan mengelola sebuah website. Ketika membuat sebuah website, kita akan memiliki dua pilihan. Pilihan pertama yaitu membuat website dengan coding sendiri. Pilihan ini tentu saja hanya digunakan bagi yang sudah paham tentang seluk-beluk koding website. Sedangkan pilihan kedua adalah pilihan termudah dan paling banyak dipilih yaitu menggunakan CMS. CMS sangat terkenal karena kemudahannya dalam mengelola sebuah website. Bahkan tanpa ilmu koding pun kita bisa membuat website/blog dengan CMS.

content management system cms

Dengan CMS, kita tidak perlu belajar tentang pemrograman web apapun. CMS sudah menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk mengatur suatu website. Saat ini tersedia ribuan CMS di internet, sebagian besar CMS tersebut gratis untuk didownload. Berikut ini adalah 10 CMS paling populer yang banyak digunakan di internet.

WordPress

content management system cms

Wordpress memiliki kelebihan utama yaitu instalasi yang sangat mudah dan simpel. Wordpress adalah CMS yang paling banyak digunakan dan user-friendly bahkan untuk pemula sekalipun. CMS yang didirikan oleh Matt Mullenweg ini juga terkenal SEO friendly dan memiliki banyak pilihan plugin dan template untuk memperkaya sebuah situs. Wordpress cocok digunakan baik untuk blog, situs, profil, maupun e-commerce.

Joomla

content management system cms

Joomla sangat populer dan digunakan oleh jutaan website di internet. Tidak heran memang, karena Joomla memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat website dengan tampilan dan fitur yang lengkap. Joomla banyak digunakan untuk membuat website resmi, namun banyak juga yang menggunakannya untuk membuat blog pribadi. CMS yang pertama kali diluncurkan tahun 2005 ini merebut hati banyak pengguna karena kemudahan dan kelengkapannya dalam mengelola website.

Drupal

content management system cms

Salah satu CMS open-source terpopuler di internet. Drupal adalah pilihan utama untuk membuat sebuah website. CMS dengan logo tetes air ini dapat menangani website baik itu skala personal blog maupun website perusahaan. Seperti wordpress, Drupal juga memiliki banyak sekali module yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan fitur website.

ModX

content management system cms
Walaupun namanya kurang populer, namun ModX content management system telah digunakan lebih dari 100 ribu website skala menengah sampai korporat. Walaupun fiturnya canggih, kita tidak perlu belajar coding website untuk menggunakannya. ModX sangat mudah digunakan untuk mengatur dan membuat konten website. CMS ini juga sangat SEO friendly karena dapat menampilkan informasi dari search engine tanpa harus instal plugin lagi.

TextPattern

content management system cms

Tampilannya yang minimalis dan desain yang flexible, TextPattern adalah salah satu pilihan CMS ideal untuk membuat blog maupun situs korporat dan sejenisnya. TextPattern juga dilengkapi dengan fitur import untuk mentransfer konten dari CMS yang lain. Fitur lainnya yaitu block unwanted comments dan fiturnya masih bisa ditambah dengan menginstall plugin tambahan.

RefineryCMS

content management system cms

RefineryCMS menggunakan banyak engine untuk membuat blog, membership, search, image gallery, dan masih banyak lagi. Proyek dari Ruby on Rails ini memiliki konsep strong focus ketika mendesain sebuah web.

Concrete5

content management system cms

Conrete5 dapat digunakan siapapun untuk membangun dan mengatur sebuah website tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang. Concrete5 memiliki tampilan yang menarik dan fitur yang tidak kalah dengan CMS lainnya.

TinyCMS

content management system cms

Bagi yang menginginkan tampilan website simpel untuk menampilkan beberapa halaman dengan desain yang eye catchy, TinyCMS adalah jawabannya. TinyCMS sama sekali tidak menggunakan database sehingga sangat ringan ketika diakses. Untuk menambah artikel, TinyCMS menggunakan fitur TinyMCE submission tool.

Penutup

Itu tadi 8 Content Management Systems atau CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website. Bingung memilihnya? Saya sarankan untuk mendownload setiap link CMS di atas dan mencobanya sendiri di web server lokal. Atau coba saja demo CMS-nya jika tersedia. Dengan begitu, kita bisa memilih mana yang terbaik dan yang paling dibutuhkan untuk website yang akan kita buat. Semoga bermanfaat.

Share

2 comments:

Unknown mengatakan...

joy to read, I came across this site ages ago but I’ve only just decided to stop back and have a read of your articles.

Content Management System

Unknown mengatakan...

These eight CMSs are certainly most popular and powerful tools in enterprise content management. Thanks for sharing this information.

Posting Komentar