5 Software HTML Editor Terbaik

software html editor
HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa pemrograman populer untuk membuat web. HTML adalah bahasa pemrograman dasar yang wajib dikuasai oleh seorang web developer. Untuk membuat file html, kita memerlukan software html editor. Ada banyak software html editor di internet dan rata-rata gratis untuk diunduh. Windows sendiri juga menyediakan software notepad yang bisa digunakan sebagai editor html.

Software HTML editor ada dua jenis. Yang pertama yaitu WYSIWYG editor, dimana kita bisa membuat website secara langsung tanpa mengetik script html. Sedangkan jenis kedua yaitu html text editor, dimana kita harus mengetik sendiri script html untuk membuat website.


HTML WYSIWYG Editors

1. Kompozer


software html editor

Salah satu editor html terbaik adalah Kompozer yang direkomendasikan bagi para pemula pembuat website. Software ini didesain untuk para pembuat website yang ingin membuat website atraktif tanpa harus paham bahasa html. Fitur-fitur yang tersedia yaitu file manajemen (upload dan edit file langsung dari web server), multitab (bisa mengerjakan beberapa halaman sekaligus), dan dukungan untuk form, tabel, dan template.

2. Amaya

software html editor

Software editor lain yang tak kalah menarik adalah Amaya. Amaya adalah proyek dari The World Wide Web Consortium (W3C). Dengan software gratis ini, pengguna dapat browsing web sekaligus membuat website. Amaya juga dapat meng-copy paste informasi/source dari webpage lain dan dapat membuat link dengan mudah. Kita juga bisa mengupload file ke webserver melalui fitur upload dari Amaya.

HTML Text Editors

1. Netbeans

software html editor

Untuk para web developer berpengalaman, saya sangat merekomendasikan Netbeans. Awalnya Netbeans dibuat untuk Java Editor namun kemudian dirilis fitur untuk editor teks dan web script. Netbeans kompatibel dengan windows vista dan windows 7. Fitur Netbeans sangat lengkap, antara lain yaitu
HTML and XHTML
CSS
PHP (versi 6.5 keatas)
Java SE, JavaFX
Web & Java EE
Java ME
Ruby
C/C++
dan masih banyak lagi...

2. HTML-Kit

software html editor

HTML-Kit dikenal sebagai salah satu spesialis html editor. Sekarang freeware ini memiliki banyak plugin yang lengkap untuk membantu proses pembuatan web. HTML-Kit kompatibel dengan windows vista dan seven, tersedia juga versi portablenya.

3. Aptana Studio

software html editor

Aptana Studio adalah proyek open-source dari Eclipse IDE, sangat populer di kalangan Java developer. Aptana Studio mendukung hampir semua fitur optimasi untuk Javascript, HTML, Ajax, Ruby on Rails, PHP, CSS dan masih banyak lagi. Jika anda masih kekurangan dengan fitur yang ada pada Aptana Studio, anda bisa mendownload lebih dari 1000 extension buatan para pengembang.

Apatana Studio juga menyediakan versi pro yang memiliki fitur sedikit lebih banyak dibanding versi gratisnya, namun versi free saja saya rasa sudah lebih dari cukup. Aptana studio sangat direkomendasikan untuk para developer pemula maupun intermediate yang menginginkan fitur penuh IDE untuk membuat website, aplikasi web, aplikasi desktop (need adobe air plugin), dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Share

1 comments:

byodbuzz04 mengatakan...

A Plain Text Editor
Plain Text files
That's right, if you're writer on a budget, you don't need to spend any money buying expensive writing software or apps. Instead, you can use the text editor that comes free with your operating system.
Just open up Notepad on Windows or TextEdit on a Mac. I like plain text editors for writing something short quickly and easily, without thinking much about it. I wrote a blog post about the benefits of using plain text editors as writing software.
Use for: writing whatever, wherever

Posting Komentar